0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Kondisi Dua Dusun Prioritas Pemasangan EWS

 Persiapan pemasangan EWS di Karangpandan (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Terdapat rekahan tanah di tiga titik sepanjang 150 meter di Dusun Buntung, Desa Gerdu, Karangpandan yang mengancam keselamatan warganya. Area ini direkomendasi untuk dikosongkan setelah longsor pada 2007 yang mengakibatkan 36 keluarga kehilangan tempat tinggal. Disusul peristiwa serupa pada 2012 yang menewaskan dua warga. Pemasangan EWS di lokasi ini beberapa waktu lalu terkendala aliran listrik. Sedangkan di Sekucing, Ngargoyoso, retakan tanah hanya diatasi manual dengan ditimbun tanah lempung. Longsor terakhir pada awal 2017 berdampak pada 10 keluarga.

“Tim BPBD provinsi dan konsultan tidak hanya memasang EWS, namun juga memberi sosialisasi ke warga di lokasi pemasangan. Kami cukup terkesan juga dengan partisipasi warga setempat. Mereka ikut bekerja bakti di lokasi pemasangan EWS,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Bambang Djatmiko kepada Timlo.net, kemarin.

EWS yang terpasang di dua dusun tersebut merupakan sarana mendeteksi pergerakan tanah di area rawan longsor. Diharapkan, peringatan dini tersebut disikapi cepat oleh petugas lapangan terkait evakuasi warga. Sebenarnya BPBD Karanganyar juga memiliki belasan alat EWS di lokasi tersebar, namun sebagian diantaranya rusak. Belum lama ini, mahasiswa KKN UGM juga memasang alat EWS yang telah diserahkan ke BPBD Karanganyar.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge