0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kambing Ini Dimahkotai Sebagai Raja di Kota di Irlandia

Kambing gunung dimahkotai. (dok: timlo.net/ metro.co.uk)

Timlo.net—Sebuah kota di pinggiran barat daya Irlandia memiliki sebuah festival yang unik disebut the Puck Fair. Festival itu merupakan salah satu festival tertua di Irlandia. Para warga Kota Killorglin akan keluar dan mencari seekor kambing gunung liar. Setelah memperoleh satu kambing, binatang itu akan dibawa ke kota dan dimahkotai sebagai raja dengan sebutan King Puck selama festival.

Kamis minggu lalu, si kambing raja itu diarak mengelilingi kota. Setelah itu dia dimahkotai oleh Queen of Puck, seorang gadis sekolah dari kota itu. Menurut Metro.co.uk, kambing itu terlihat santai dan agak sedikit terkejut saat penobatan. “Saya sudah melihat festival ini selama 11 tahun terakhir jadi tidak ada yang baru, tapi saat saya pertama pindah ke sini dari Inggris saya pikir itu aneh,” ujar seorang pengunjung festival, Ben Henry, 25.

“Saya dengar dari seorang pengunjung lain jika dia sudah mengikuti Puck selama 56 tahun,” tambahnya.

Sejarah awal festival ini tidak jelas, tapi sebuah dongeng mengatakan jika seekor kambing lari dari tentara Oliver Cromwell ke kota itu. King Puck akan diperlakukan seperti raja selama kekuasaannya yang singkat. Dia diberi makanan berupa cabang pohon ash, air dan kubis. Pada hari Sabtu, dia akan turun dari tahtanya sebagai raja dalam sebuah upacara. Setelah itu dia akan dikembalikan ke habitatnya di pegunungan.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge