0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tiru Gaya Pidato Bung Karno, ASN Ini Ditertawakan Istri

Salah satu peserta lomba pidato mirip Bung Karno, Bambang Harjanto, berpidato di hadapan juri dan peserta lain di gedung Tawang Praja Kompleks Balaikota Solo, Senin (14/8) (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pemerintah Kota Solo menggelar lomba pidato mirip Bung Karno di Gedung Tawang Praja, Senin (14/8). Lomba tersebut merupakan rangkaian lomba untuk memeriahkan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 2017 yang digelar sejak Selasa (8/8) lalu.

“Setiap OPD wajib mengirim satu perwakilan untuk ikut lomba,” kata perwakilan Bagian Humas dan Protokol, Bambang Harjanto usai membacakan naskah pidato.

Meski terbiasa berpidato, Bambang mengaku cukup kesulitan untuk meniru gaya Sang Proklamator. Pasalnya, Bambang biasa berpidato dengan Bahasa Jawa yang halus. Bertolak belakang dengan gaya Bung Karno yang berapi-api. Ia tetap saja belum bisa menghayati naskah yang ia sampaikan.

“Apalagi ada sebagian yang memakai Bahasa Belanda,” katanya.

Pada saat lomba, peserta membawakan pidato Bung Karno yang disampaikan saat Sidang Badan Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) para tanggal 1 Juni 1945. Bambang sampai menghabiskan akhir pekannya untuk berlatih di rumah, sejak Jumat (11/8) lalu.

“Istri saya sampai ketawa lihat saya latihan,” ujarnya.

Kegiatan lomba ini sebenarnya wajib diikuti semua OPD di lingkungan Pemkot Solo. Namun kenyataannya, lomba itu hanya diikuti 29 dari 33 OPD yang ada. Bambang enggan menyebutkan OPD yang mangkir dari lomba.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge