0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mendadak, Ribuan Guru di Solo Jalani Tes Narkoba

Ribuan guru jalani tes urin di Balaikota Solo (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pemerintah Kota Solo kembali menggelar tes narkoba mendadak di Balaikota Solo, Senin (14/8). Kali ini, tes menyasar Aparatur Sipil Negara (ASN) dari kalangan pendidikan di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah Pertama (SD-SMP) di Kota Bengawan.

“Tes ini diikuti kepala sekolah dan wakilnya, pengawas sekolah, guru PKN (Pendidikan Kewarganegaraan), dan guru agama,” kata Kepala Dinas Pendidikan Solo, Etty Retnowati, di sela kegiatan.

Tes urin diikuti 1018 guru dari seluruh SD dan SMP di Solo dan dilaksanakan dalam dua gelombang. Pengetesan untuk gelombang pertama dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Ratusan guru mengisi formulir dan wadah penampung sampel urin di Pendhapi Ageng Balaikota. Selanjutnya, mereka menampung sampel urin di toilet. Sampel uritn tersebut langsung dites di Pendhapi dengan sensor pendeteksi obat terlarang.

“Gelombang kedua nanti mulai jam satu siang,” kata Etty.

Menurut Etty, selama ini belum pernah ada guru di Solo yang tersangkut kasus Narkoba. Ia berharap tes kali ini menunjukkan hasil yang menggembirakan.

“Mudah-mudahan tidak ada. Jangan sampai lah,” ujarnya.

Sementara itu, guru SD Kratonan, Albertina mengaku tidak tahu-menahu akan adanya tes Narkoba dadakan ini. Ia berangkat dari rumah tanpa mengetahui dirinya akan menjalani tes Narkoba.

“Sampai di sekolah tiba-tiba kita diminta ke Balaikota, katanya ada pembinaan. Ternyata ada tes ini (tes urin),” kata Albertina.

Tes urin ini merupakan tes kolektif keempat yang diadakan Pemkot Kota Solo. Program ini merupakan upaya Pemkot bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah untuk memerangi penyalahgunaan Narkoba. Tes pertama menyasar Walikota dan wakilnya, serta Kepala-kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot usai upacara Hari Pendidikan Nasional di Stadion Sriwedari, Mei lalu.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge