0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

HRB dan Istri Pejabat Solo Jelajah Tiga Museum

Himpunan Ratna Busana menggelar jelajah tiga museum (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Himpunan Ratna Busana (HRB) dan istri pejabat Muspida Solo mengadakan kegiatan Jelajah Museum, Senin (14/8). Jelajah Museum itu dilakukan sebagai bentuk penghargaan akan sejarah dan karya anak bangsa.

“Museum ini kan sebagai warisan budaya yang sangat berharga. Didalamnya kita bisa melihat budaya dan belajar tentang sejarah yang pernah dialami bangsa ini,” papar Wakil Ketua HRB, RAy Febri H Dipokusumo, saat dijumpai di Museum Keris.

Anggota perkumpulan pecinta kain tradisional tersebut, melakukan kunjungan ke tiga Museum. Yakni Museum Keraton Kasunanan Surakarta, Museum Keris, dan Museum Wuryoningrat.

“Tiga museum ini kita pilih karena memang sebagian besar kita masa kecil hidup di lingkungan Keraton, sedangkan Museum Keris kita pilih karena usai diresmikan kemarin kita baru pertama kali ini mengunjunginya. Kalau Museum Wuryoningrat kan memang komunitas kita ini mencintai kain tradisional jadi kita senang bisa melihat batik ini,” imbuhnya.

Tampak terlihat dalam rombongan termasuk istri Wali Kota Solo Elisabeth Endang, serta istri Wakil Wali Kota Solo Saraswati Purnomo. Mereka tampak memandangi satu per satu barang koleksi museum tersebut, dan mengabadikannya melalui kamera telepon seluler.

Elisabeth Endang mengatakan, dirinya tergerak untuk bisa mengajak anak-anak serta pelajar dan ibu-ibu anggota PKK untuk bisa mengunjungi Museum. Dirinya mengatakan dengan begitu, masyarakat merasa turut memiliki aset sejarah yang tersimpan dalam museum.

“Supaya masyarakat selain bisa belajar dengan adanya museum, juga bisa mempunyai rasa memiliki museum sebagai aset sejarah,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge