0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Hati-hati Cari Hewan Kurban, Banyak Sapi Pemakan Sampah

Banyak sapi digembalakan di TPA Tanggan, Kecamatan Gesi, Sragen (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Menjelang Hari Raya Idul Adha banyak warga yang mencari hewan untuk kurban seperti sapi. Termasuk mereka mencari sapi yang banyak digembalakan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanggan, Kecamatan Gesi. Padahal kawasan tersebut penuh dengan berbagai sampah rumah tangga.

“Memang ada pembeli yang mencari sapi di sini untuk kurban. Karena harganya juga tidak beda jauh dengan di pasar hewan,” kata Darti (53), warga Tanggan, Kamis (10/8).

Dari pantauan di TPA Tanggan sendiri, banyak sapi dan kambing yang digembalakan di antara lautan sampah. Tentunya sapi yang digembalakan di kawasan tersebut dipertanyakan lantaran dikawatirkan memakan sampah.

Menurut Darti, selama ini memang tidak ada masalah dengan kesehatan sapi-sapi yang digembalakan di Tanggan. Tidak jarang orang mencari hewan kurban di tempat tersebut.

Sementara Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Sragen, Aris Wardono menyampaikan, pihaknya terus menerus memantau kondisi kesehatan hewan ternak di Sragen, termasuk yang digembalakan di TPA Tanggan. Pihaknya sudah mengecek dan mengambil sampel darah sapi di TPA. Hasilnya kondisinya tidak membahayakan.

”Selama ini masih di bawah standar yang dibolehkan. Pemantauan terus dilakukan, jelang Idul Kurban ini lebih giat lagi termasuk di Pasar hewan di Sragen,” jelas Aris Wardono

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge