0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Penyandang Disabilitas Pun Bisa Terlibat Penanganan Bencana

Peresmian Unit LIDi PB Jateng di Hotel Syariah, Rabu (9/8) (timlo.net/ichsan rosyid)

Karanganyar — Penyandang Disabilitas selama ini masih dipandang sebagai kelompok rentan saat kejadian bencana. Namun pada kenyataanya, mereka tak mau kalah dengan orang yang beranggota tubuh lengkap.

“Selama ini, teman-teman disabilitas di Jawa Tengah sudah sering terlibat dalam penanganan bencana. Terakhir saat banjir di Grabag, mereka membantu pendataan pilah sampai ke pelosok,” kata Kepala Unit Layanan Inklusif Disabilitas (LIDi) Penanggulangan Bencana (PB) Jateng, Edy Supriyanto, Rabu (9/8).

Meski memiliki keterbatasan fisik, kontribusi kaum difabel ternyata cukup signifikan. Mereka sering terlibat dalam kegiatan kebencanaan. Umumnya, mereka membantu di pos-pos yang tidak membutuhkan mobilitas tinggi seperti posko informasi dan rehabilitasi. Bahkan di Sukoharjo dan Kudus, relawan difabel secara swadaya membangun dapur umum saat terjadi bencana.

Semangat para penyandang disabilitas ini tak bisa diremehkan. Kepala BPBD Jateng, Sarwa Pramana pun mengaku kagum dengan kemauan mereka untuk belajar dan terlibat dalam penanggulangan bencana. Hal itu ia saksikan sendiri saat pelatihan pembuatan peta resiko bencana di Sukoharjo belum lama ini.

“Kalau tidak hati-hati, kita-kita yang normal ini bisa kalah. Semangat mereka luar biasa,” kata dia.

Selama ini, jumlah penyandang disabilitas yang menjadi korban bencana masih cukup tinggi. Hal itu disebabkan oleh kebutuhan khusus yang dimiliki setiap jenis disabilitas. Penyandang tunarungu sering tidak mendengar sirine bencana. Tunanetra kesulitan menyelamatkan diri ke titik evakuasi. Untuk itu, keterlibatan penyadang disabilitas diharapkan dapat menekan angka korban dari kalangan mereka sendiri.

“Mereka lebih paham dengan kebutuhan mereka sendiri. Dengan begitu kita bisa lebih memahami mereka,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge