0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Didominasi Pelajar, Lakalantas Capai 454 Kasus

Ilustrasi kecelakaan lalu lintas (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Sragen dalam setahun terakhir mencapai 454 kasus. Kecelakaan tersebut mengakibatkan 19 orang meninggal dunia dan ratusan yang lain mengalami luka-luka.

“Kecelakaan banyak didominasi pelajar. Karena banyak anak yang masih di bawah umur dibelikan motor, sehingga tak jarang menimbulkan kecelakaan di jalan,” kata Kasatlantas Polres Sragen, AKP Dwi Erna Rustanti, Senin (31/7).

Angka kecelakaan tersebut naik dibanding tahun sebelumnya yang hanya 425 kasus. Korban kecelakaan di jalan ini lebih dari 50 persen merupakan anak-anak. Sedangkan penyebab kecelakaan itu lebih pada kelalaian para pengendara, seperti tidak menghiraukan rambu larangan berhenti, menelepon saat berkendara dan menyalip secara zig zag.

“Melihat kondisi itu, maka orang tua harus melarang anak mereka yang masih di bawah umur mengendarai motor,” ujar Erna.

Menurut AKP Erna, dalam menekan terjadinya pelanggaran maupun angka kecelakaan, pihaknya melakukan penindakan para pengendara motor baik roda empat maupun roda dua. Tercatat ada 20.349 pelanggaran berlalu lintas yang ditilang.

“Untuk menekan angka kecelakaan ini, dengan langkah sosialisasi ke sekolah-sekolah, pabrik, maupun komunitas motor,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge