0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

OMK dari Berbagai Negara Asia Belajar Membuat Kurungan Ayam

Gelar budaya di Desa Bandungan, Jatinom, Klaten untuk menyambut 6 OMK peserta AYD asal berbagai negara di Asia (timlo.net/a wijaya)

Klaten — Sejumlah Orang Muda Katolik (OMK) dari berbagai negara di Asia belajar spirit multikultur di Dusun Bunder- Jarakan, Desa Bandungan, Kecamatan Jatinom. Hal itu sebagai rangkaian kegiatan Asian Youth Day (AYD) ke-7 yang dipusatkan di Yogjakarta pada 2-6 Agustus mendatang.

“Ada enam OMK dari negara Nepal, Bangladesh, Filipina, India, Laos, Malaysia, dan Korea Selatan yang akan live in atau tinggal bersama. Mereka sudah datang sejak kemarin (Minggu, 30/7),” kata salah seorang warga Bandungan, Gunawan, Senin (31/7).

Bukan hanya live in selama 4 hari 3 malam, Minggu- Rabu (30/7- 2/8), kata dia, keenam OMK dari luar negeri itu juga akan belajar kearifan lokal yang ada di Desa Bandungan.

Nanti mereka akan kita ajak belajar membuat kurungan ayam. Karena rata-rata pekerjaan warga disini ada pengrajin kurungan. Selain itu juga kita ajak belajar tentang banyu udan setrum (air hujan yang telah melalui ionisasi), karawitan, dan belajar memainkan musik Ganjur (gamelan khas Bali) dari Komunitas Pemuda Hindu di desa tetangga, Jiwan,” kata Gunawan.

Salah seorang peserta dari Korea Selatan, Sacunda (30) mengatakan, baru sekali ini menginjakkan kaki di Indonesia. Dia sebelumnya hanya mengetahui Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak lokasi wisata.

“Di Korea, Indonesia lumayan populer sebagai tempat berlibur. Nanti saya akan membagikan pengalaman spritual dan energi AYD yang saya dapat ini melalui foto dan video kepada teman-teman di Korea,” kata Sacunda.

Sebagai informasi, AYD merupakan ajang perjumpaan OMK se-Asia yang digelar tiap 3 tahun. Sebanyak 1.000- 3.000 OMK se-Asia bakal melakukan live in dan pembelajaran di wilayah Keuskupan Agung Semarang (KAS), Indonesia. Mereka mengusung tajuk ‘Orang Muda Katolik Asia bergembira! Menghidupi Injil di Asia yang Multikultural’.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge