0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembangunan Taman Eks-SPBU Ledoksari dan Pasar Jebres Tunggu Administrasi

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (timlo.net/setyo pujis)

Solo — Pembangunan taman di lahan eks-SPBU Ledoksari dan Pasar Jebres diharapkan dapat segera dimulai. Kementerian Perhubungan sudah memberi lampu hijau kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk memanfaatkan lahan tersebut. Hanya saja, persetujuan tertulis PT Kereta Api Indonesia (KAI) harus diberikan sebelum pembangunan fisik bisa dimulai.

“Prinsipnya tinggal masalah adminsitrasi. Tentunya bila (urusan administrasi) selesai, Jebres akan dibangun lebih baik dan SPBU Ledoksari bisa dimanfaatkan untuk taman kota,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi usai rapat di Terminal Tirtonadi, Minggu (30/7).

Ia merinci setidaknya ada empat pihak yang harus duduk bersama membahas pemanfaatan lahan milik PT KAI tersebut. Direktorat Jenderal Perkeretaapian, PT KAI, Pemkot, dan Badan Pertanahan Nasional (BPN). Belum jelas kapan kesepakatan antara semua pihak bisa ditandatangani. Namun Menhub memastikan tidak akan ada kendala berarti selama proses itu berjalan.

“Tentunya harus kita perhatikan masalah hukum. Karena kita tidak bisa membangun dengan menabrak aturan yang ada,” kata dia.

Ia sendiri mengapresiasi langkah Pemkot Solo yang sering proaktif mengusulkan pemanfaatan lahan nganggur milik pemerintah maupun perusahaan plat merah. Akibatnya, lahan tersebut ditumbuhi hunian liar maupun disalahgunakan untuk kepentingan lain.

Dengan adanya inisiatif dari Pemkot yang ingin memanfaatkan lahan tersebut, pemerintah justru diringankan karena Pemkot mau membiayai pembangunan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Banyak tanah Dirjen Perkeretaapiaan yang tidak termanfaatkan dengan baik. Dengan adanya partner pemkot solo yang proaktif ingin memanfaatkan, penyelesaian (relokasi hunian liar) bisa dilakukan bersama, dan lahan-lahan tersebut bisa dibangun,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge