0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PAN Posisikan Diri Masih Solid di Koalisi

(merdeka.com)

Timlo.net – Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan masih berada di koalisi pemerintah. Sekjen PAN Eddy Soeparno membantah pernyataan yang beredar di media sosial soal sikap politik PAN yang siap menerima jika Presiden Joko Widodo menghentikan koalisi dengan PAN dan mencopot kader PAN Asman Abnur dari posisi Menpan RB.

Dalam pernyataan itu, terdapat sikap penolakan terhadap salah seorang cagub di Pilgub DKI, penolakan pembubaran ormas tanpa pengadilan, serta menolak Presidential Threshold (PT) sebesar 20 persen. Eddy menegaskan pernyataan tersebut bukanlah pernyataan sikap resmi partainya.

“Saya menduga yang membuat dan memviralkan konten tersebut bukan kader PAN,” kata Eddy, Senin (31/7).

Menurutnya, bisa saja ada pihak-pihak tertentu yang ingin memanas-manasi hubungan PAN dengan pemerintah.

“Ketika PAN berbeda pandangan dengan partai-partai pendukung pemerintah lainnya, terkesan ada pihak yang ingin memperkeruh suasana antara PAN dengan pemerintah,” katanya.

Dia menyatakan dalam demokrasi berbeda pendapat dan pemikiran sangat lazim. Karenanya, perbedaan tersebut jangan dilihat sebagai sebagai pembangkangan terhadap pemerintah.

“Inilah bunga-bunga demokrasi, sehingga perbedaan tersebut jangan dilihat sebagai pembangkangan terhadap komitmen awal PAN terhadap pemerintah, namun sebagai masukan yang patut dipertimbangkan. Di sinilah dituntut kearifan kita dalam berpolitik ketika menyikapi sudut pandang yang belum sejalan dengan parpol koalisi pemerintah,” katanya.

Dia mencontohkan dalam satu rumah saja, saudara sedarah daging belum tentu akur selamanya. Namun perbedaan tersebut tidak lantas menjadikan mereka mantan kakak atau adik.

“Sejauh ini komunikasi antara PAN dengan pemerintah tetap lancar dan kondusif,” katanya.

[dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge