0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratusan Kader Siaga Tantrib Dikukuhkan, Ini Tugasnya

Pengukuhan ratusan Kader SIaga Tantrib Klaten (dok.timlo.net/wijaya)

Klaten — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten membentuk 135 Kader Siaga ketenteraman dan ketertiban (Trantib) di tiap desa. Mereka akan bertugas mendeteksi dan mencegah terjadinya tindak kejahatan di lingkungan desanya masing-masing.

“Saya mengharapkan Kader Siaga Tantrib mampu menjadi kader-kader panutan dalam membangun keteladanan dan kepatuhan hukum di tingkat desa,” kata Asisten Pemerintahan Setda Klaten Edy Hartanta, membacakan sambutan Plt Bupati Sri Mulyani, Senin (31/7).

Pengukuhan sebanyak 135 kader serta 20 Kasi Tramtib Kecamatan itu berlangsung di Gedung Wanita Klaten. Pasca pengukuhan, acara dilanjutkan dengan sosialisasi dalam rangka pemeliharaan Ketentraman dan Ketertiban Umum (Tramtibum) di Jawa Tengah.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Jateng Sinoeng N Rachmadi berharap, para Kader Siaga Tantrib bersama Pemkab Klaten bisa melakukan pertemuan reguler rutin pasca pengukuhan hari ini. Tak lupa, dia juga mengapresiasi keberadaan 135 Kader Siaga Tantrib yang bersedia membantu menjaga Tramtibun di wilayah Klaten.

“Mari kita bersama-sama dalam satu barisan untuk Merah Putih, untuk Pancasila. Salah satu konkretnya adalah menjaga ketertiban, keamanan, dan ketentraman masyarakat dengan deteksi dini, lapor dini, dan cegah cepat,” pesan Sinoeng.

Kabid Tibum dan Tranmas Satpol PP Jateng, Sukar menambahkan, keberadaan Kader Siaga Tantrib untuk memudahkan penangan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di pedesaan.

“Sehingga penanganan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di wilayah desa mudah, dapat membangun komunikasi aparatur dan masyarakat dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, serta menekan angka gangguan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat di Jawa Tengah,” tambahnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge