0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Mesin Voting Amerika Dihack Dalam 90 Menit

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net—Hacker dalam ajang konferensi DEF CON tahunan yang digelar Las Vegas baru-baru ini berhasil membobol keamanan mesin voting di Amerika Serikat (AS). Mereka berhasil melakukannya dalam waktu 90 menit.

Beberapa hacker yang sangat terampil menghadiri ajang konferensi itu dan diberikan akses ke mesin voting AS secara fisik dan dari jarak jauh. Mereka diminta untuk mengakses software mesin itu. Menurut pemberitaan, hanya diperlukan beberapa menit bagi mereka untuk mengungkap kelemahan fisik dan software dalam berbagai mesin voting yang dibuat oleh beragam perusahaan.

Mereka menemukan jika beberapa mesin voting memiliki port fisik yang bisa digunakan untuk menghubungkan mesin dengan software jahat. Beberapa hacker memakai koneksi Wi-Fi yang tidak aman atau software lawas seperti Windows XP.

“Tanpa diragukan, sistem voting kita lemah dan rentan. Berkat kontribusi komunitas hacker hari ini, kami menemukan hal ini,” kata Jake Braun, CEO Cambridge Global Advisors. Jake adalah penggagas tantangan itu untuk para hacker. Mesin-mesin yang digunakan dalam tantangan itu diproduksi oleh perusahaan mesin voting besar di AS termasuk Diebold Nixorf dan Winvote. Mesin-mesin itu dibeli lewat eBay.

Sumber: Ubergizmo.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge