0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pola Tidur Pengaruhi Berat Badan Orang Dewasa

Tidur. (dok.timlo.net/google.images)

Timlo.net—Sebuah penelitian menyimpulkan jika orang dewasa yang memiliki pola tidur yang buruk cenderung kelebihan berat badan dan obesitas. Mereka yang tidur enam jam semalam memiliki lingkar pinggang 3 cm lebih besar dibandingkan mereka yang tidur 9 jam per malam.

Menurut para peneliti dari University of Leeds mereka juga memiliki berat badan lebih dibandingkan kebanyakan orang. Padahal pola makan dan menu makanan mereka sama sehatnya dengan mereka yang cukup tidur.

Penelitian itu melibatkan lebih dari 1600 orang dewasa. Mereka diminta mengungkapkan berapa lama mereka tidur dan apapun yang mereka makan. Mereka yang tidur kurang memiliki kolestrol HDL yang lebih rendah dalam darah. Kolesterol HDL adalah kolesterol baik dalam tubuh yang berfungsi menghilangkan lemak jahat dari peredaran darah. Dengan demikian HDL melindungi tubuh dari penyakit jantung.

“Karena kami menemukan jika mereka yang tidur lebih sedikit dibandingkan teman-teman mereka cenderung berberat badan lebih atau obesitas, penemuan kami menekankan pentingnya tidur yang cukup. Berapa lama seseorang perlu tidur berbeda antara satu sama lain, tapi konsensus saat ini adalah tujuh hingga sembilan jam untuk orang dewasa,” ujar Dr. Laura Hardie, pemimpin dalam penelitian ini.

Sumber: Indy100.com

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge