0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Solo Disebut sebagai Kota Ideal Bagi Pesepeda

Peserta lomba keamanan bersepedayang digelar Yayasan Kota Kita (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Kota Bengawan disebut-sebut sebagai kota yang paling ideal bagi pesepeda. Hal ini dikarenakan Solo memiliki ruas jalur lambat terpanjang di Indonesia. Panjangnya mencapai 28 kilometer.

“Kota Solo ini merupakan kota yang ideal untuk bersepeda, sebab konturnya yang relatif rata dan memiliko jalur lambat terpanjang di Indonesia,” ungkap Community Organizer, Yayasan Kota Kita, Fuad Jamil, Senin (31/7).

Meski begitu, ada beberapa ruas di jalur lambat tersebut yang membutuhkan sentuhan perbaikan dari pemerintah. Ruas jalur lambat yang paling nyaman dilewati adalah jalur lambat Jl Slamet Riyadi.

“Dari data yang kita miliki pada tahun 2016 ada sekitar 7 kilometer jalur lambat yang rusak atau tidak bisa dilewati.” terangnya.

Yayasan Kota Kita gencar mengkampanyekan penggunaan sepeda sebagai transportasi utama. Kampanye ini selain melibatkan instansi pemerintah dan komunitas-komunitas, juga menggandeng pelajar sebagai sasarannya.

Selain kampanye penggunaan sepeda, yayasan yang berbasis di Solo ini juga mengkampanyekan keselamatan berkendara bagi sepeda yang didalamnya meliputi unsur penggunaan lampu sepeda, penggunaan helm sepeda, dan tertib berlalulintas.

Secara tersirat pihaknya juga mendesak kepada pemerintah kota untuk memulai mengkampanyekan penggunaan sepeda bagi aparatur sipil negara. Hal ini dipandang cukup efektif sebagai solusi pengurangan polusi udara, dan kemaceta.

“Selain itu kalau ASN mau menggunakan sepeda lebih bisa menginspirasi masyarakat dan semakin banyak pengguna sepeda di Solo,” katanya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge