0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratusan Ibu Ikuti Lomba Tertib Bersepeda

Lomba Tertib Bersepeda Kota Surakarta, Minggu (30/7) (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Dinas Perhubungan (Dishub) Solo dan Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK) Solo, bekerjasama dengan Yayasan Kota Kita menggelar Lomba Tertib Bersepeda Kota Surakarta, Minggu (30/7). Mengambil start di Taman Balekambang, lomba ini diikuti 108 ibu-ibu dari berbagai kelurahan di Solo.

“Peserta kita bagi menjadi 27 grup, dan kita arahkan untuk mengitari beberapa ruas jalan di Kota Solo sepanjang 5 kilometer. Kemudian finish di Balekambang lagi,” papar Community Organizer Yayasan Kota Kita, Fuad Jamil.

Dalam rentang jarak tersebut, peserta berhenti di lima titik pos yang ditempati oleh panitia. Di pos tersebut, mereka diminta untuk menjawab pertanyaan soal keselamatan bersepeda, progam PKK dan wawasan umum.

“Selain itu masih ada pos bayangan yang bertugas untuk mencatat bagaimana perilaku peserta selama menempuh perjalanan, bagaimana sikapnya saat menyeberang, bagaimana saat berpapasan dengan kendaraan lain, serta penilaian bagaimana keselamatan mereka yang berkaitan dengan kelengkapam berkendara seperti penggunaan helm, keamanan sepeda dan lainnya.” terangnya.

Dikatakan, Yayasan Kota Kita menyasar ibu-ibu untuk dijadikan sasaran utama peserta lomba karena mereka punya peran dan kekuatan besar untuk menularkan tren berlalu lintas dan bersepeda aman kepada orang lain terutama anggota keluarga dan kerabat.

“Karena ibu-ibu ini punya peran yang penting dalam mempengaruhi kebijakan pemilihan alat transportasi dalam keluarga. Karenanya kita menyasar ibu-ibu sebagai agen kita untuk lebih memasyarakatkan sepeda,” terang Fuad.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge