0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kapasitas Bandara Adi Sumarmo bakal Dilipatgandakan, Begini Caranya

Bandara Adi Sumarmo (dok.timlo.net/red)

Solo — Kapasitas Bandara Adi Sumarmo Solo akan berlipat ganda dalam dua tahun mendatang. Hal ini dilakukan sehubungan dengan rencana pemerintah menjadikan bandara tersebut sebagai airline hub (penghubung maskapai penerbangan) baru.

“Terminal akan diperbesar dari yang sekarang 13 ribu (penumpang) menjadi 26 ribu (penumpang),” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Minggu (30/7).

Penambahan kapasitas dilakukan dengan membangun tiga apron baru untuk menaik-turnukan penumpang. Panjang landasan pacu juga akan ditambah dari kondisi saat ini 2.600 meter menjadi 3000 meter.

“Rencana dari Angkasapura I, runway (landasan pacu) itu nantinya bisa digunakan untuk Boeing 777. Artinya, PCN (Pavement Classification Number) yang dibuat akan di atas 112,” kata dia.

Saat ini, Bandar Adi Sumarmo memliki PCN 68FXCT. Artinya, jenis pesawat yang bisa mendarat dan terbang dari landasan tersebut maksimal sekelas Boeing 767-300. Untuk bisa menangani pesawat yang lebih besar, dibutuhkan PCN 120 ke-atas.

Selain meningkatkan kapasitas, bandara juga akan menambah fasilitas pendukung terutama untuk meningkatkan kenyamanan. Pembangunan beautifikasi (keindahan) akan ditingkatkan seluas 2000 meter persegi dan ditargetkan rampung 2017.

“Untuk pembangunan runway memang butuh waktu agak lama karena harus membebaskan lahan yang cukup luas. Kita harapkan selesai Oktober 2019,” kata Menhub.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge