0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Kuat Berenang, Nahar Tenggelam

(Ilustrasi) Tewas tenggelam (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Nahar, warga Tarakan, Kalimantan Utara, dinyatakan hilang setelah long boat pengangkut kayu yang dia tumpangi bersama dua temannya, Herman (37) dan Ibrahim (44), terbalik di perairan Pulau Sadau, Tarakan. Meski sempat berenang di perairan, namun suaranya tak lagi terdengar rekan-rekannya.

Saat itu, perahu motor long boat bermuatan kayu olahan, berlayar dari Paspayau di kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Namun nahas, saat melintas di sekitar pulau Sadau, perahu dihempas gelombang besar.

“Kapal terbalik dan tenggelam sebagian besar muatannya (kayu olahan),” kata Kasi Operasi Basarnas Kaltim-Kaltara Kantor SAR Balikpapan, Minggu (30/7) malam.

Salah satu kayu yang mengambang, menjadi pegangan Herman dan Nahar, agar terus bertahan dan mengapung di permukaan. Sementara Ibrahim, agak menjauh hanyut terseret arus sambil memegang jeriken minyak, dan juga  papan kayu.

“Saat itu, Ibrahim dan Nahar, melihat ada cahaya lampu kapal. Nahar mengajak Ibrahim mendatangj sorot lampu kapal itu. Nahar dan Ibrahim melepas kayu yang mereka pegang, dan berenang menuju cahaya lampu kapal, diikuti Herman. Tapi di tengah mereka berenang, Nahar bilang dia sudah tidak kuat lagi berenang,” terang Octavianto.

Sadar melihat Nahar yang kelelahan, Herman lantas berusaha kembali mencari kayu yang mengapung di laut, untuk menyelamatkan Nahar.

“Tapi Herman tidak lagi mendengar suara Nahar,” jelas Octavianto.

Herman terus berenang dan terbawa arus sampai ke sekitar pelabuhan Tengkayu, dan dibantu oleh kapal lain yang ada di pelabuhan.

“Sedangkan Ibrahim, terserer arus sampai ke perairan sekitar bandara Juwata Tarakan, dan juga ditolong motoris kapal lain. Informasi hilangnya Nahar itu, kita terima sekira jam 1 siang tadi. Sekira 30 menit kemudian, tim SAR gabungan Basarnas, Polair, TNI AL dan masyarakat mencari korban. Untuk sementara, pencarian dihentikan sampai jam 6 petang tadi, dan dilanjutkan besok pagi,” kata Octavianto.

[gil]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge