0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Begini Kemeriahan Festival Jepang di SMAN 5 Solo

()

Solo — Festival Budaya Jepang bertajuk Kaizen no Matsuri 13 digelar siswa-siswi SMAN 5 Solo, di halaman SMAN 5 Solo, Minggu (30/7). Ada 33 stan menjajakan berbagai produk bernuansa Jepang.

“Kaizen no Matsuri merupakan agenda tahunan yang diadakan SMAN 5 Solo yang merupakan pioneer Japanese Festival atau Festival Budaya Jepang di Solo,” ungkap Wakil Ketua Panitia Kaizen no Matsuri 13, Ratri Dhyanna Sekar Kinasih Kesdu kepada wartawan di sela-sela acara.

Festival kali ini, kata Ratri, mengambil tema atau tagline Bouken wo Hajimeyou atau petualangan.

“Melalui festival ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi serta mengedukasi masyarakat untuk lebih mengenal Budaya Jepang,” jelasnya.

Ke 33 stan, kata Ratri, menawarkan berbagai produk, mulai dari makanan dan minuman serta beraneka jenis marchendise atau asesoris bernuansa Jepang. Salah satunya Maid Cafe yang menyediakan aneka makanan dan masakan khas Jepang. Para pengunjung dilayani para maid dengan dandanan Jepang yang unik dan menarik. Tak sedikit pengunjung yang berkostum tokoh anime Jepang.

Festival diwarnai enampilan sejumlah bintang tamu di panggung, seperti Kazeido (Maid Kaizen no Masturi), Hokago Junior dari Semarang, Hanacuruyung NEaR, Band The Baby’ Ways, costplayer dari Jogja, John Switch, Band Juon dari Jogja, Hokago Senior dari Semarang, Dance Cover dari Jogja, Kepik Emas, Dj Adidkh dari Solo, dan Band dari Bandung, Henohenomoheji. Acara juga disemarakkan dengan beragam lomba seperti Dounjinshi, Chara Design, Fotografi, Makan Ceker Pedas, dan Costplay.

Pengunjung yang hadir tidak hanya kalangan pelajar SMA, tapi juga dari warga sekitar sekolah, mahasiswa, dan beberapa di antaranya anak-anak. Bahkan salah satu pengunjung asal Jakarta yang juga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Mira Evita, sengaja datang ke festival tersebut dengan mengenakan kostum Jepang, yaitu Yukata lengkap dengan sandal jepit tradisional Jepang, bakiak.

“Saya ingin ikut menikmati suasana Festival Budaya Jepang di sini karena sejak SD saya tertarik mengenal budaya Jepang,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge