0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Idul Adha, Disnakan Gerilya Periksa Hewan Qurban

(Ilustrasi) Peternakan sapi (dok.timlo.net/gg)

Boyolali — Menjelang hari raya qurban, Dinas Peternakan dan Perikanan Boyolali intensif melakukan pemeriksaan terhadap hewan qurban, sapi dan kambing. Termasuk pencegahan penyakit menular seperti brucellosis (penyakit keguguran atau keluron pada hewan yang menular ke manusia).

“Termasuk juga pencegahan penyakit antraks,” kata Kabid Kesehatan Hewan Disnakan, drh Afiany Rifdania, Minggu (30/7).

Dijelaskan, untuk pemeriksaan hewan dilakukan dengan mendatangi pos-pos penampungan hewan qurban seperti di pasar-pasar hewan. Selain itu pihaknya juga mengoptimalkan lima Puskeswan yang sudah standby. Pemeriksaan hewan qurban melibatakan dokter hewan dan paramedik.

“Untuk hewan yang sakit kita obati dan diberi vitamin,” tambahnya.

Sementara itu, pihaknya selama ini terus melakukan pemeriksaan dan pemantauan di daerah rawan antraks. Diantaranya dengan memberikan vaksin dua kali dalam setahun. Tahun ini, pemberian vaksin antrak dilakukan pada sebanyak 4.000 ekor hewan ternak dan vaksin brucelliosis pada 2.000 ekor ternak. Untuk vaksinasi antrak, tahun ini sebarannya sudah mulai dikurangi, tinggal di empat wilayah kecamatan yakni Klego, Andong, Simo, dan Ampel.

“Kita terkonsentrasi di daerah endemis,” imbuhnya.

Disisi lain, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk melapor bila menemukan hewan qurban yang sakit. Sehingga bisa segera ditindak lanjuti dengan dilakukan pemeriksaan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge