0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cegah Tingkat Kecelakaan Pelajar, Ini Upaya Polresta dan Pemkot Solo

Kapolresta Solo, AKBP Ribut Hari Wibowo dan Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo menandatangi kesepakatan untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terus berupaya untuk turut serta dalam mengurangi korban kecelakaan yang banyak didominasi usia khususnya para pelajar. Sejumlah sekolah negeri telah ‘dirangkul’ agar tidak memperbolehkan siswa didiknya membawa kendaraan bermotor sebelum memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM).

“Kami telah bersinergi dengan Satlantas, agar menindak pelajar yang belum cukup umur termasuk belum memiliki SIM supaya tidak mengendarai kendaraan bermotor,” terang Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, di sela kegiatan Tahun Keselamatan Nasional, Minggu (30/7) pagi.

Tak hanya itu, lanjutnya, untuk menekan angka kecelakaan di jalan peran orang tua sangatlah vital. Jika anak mereka belum cukup umur untuk mengendarai kendaraan bermotor hendaknya jangan diijinkan. Selain membayahakan diri sendiri, juga membahayakan orang lain.

“Maka dari itu, di pihak sekolah kami sudah memberikan kewenangan untuk lebih memperketat pengunaan kendaraan bermotor. Nah, harusnya juga diimbangi dari orang tua agar jangan memberi ijin kepada anaknya untuk menggunakan kendaraan sebelum cukup usia dan memiliki SIM,” kata Rudi.

Sementara itu, Kapolresta Solo, AKBP Ribut Hari Wibowo mengatakan, pihaknya telah memberi sosialisasi kepada sejumlah sekolah terkait pentingnya mentaati peraturan lalu lintas. Sehingga, fatalitas korban akibat kecelakaan dapat diminimalisir sedikit mungkin.

“Tentunya, kami tidak mengharapkan adanya korban di jalan. Berbagai upaya terus dilakukan agar penerus bangsa tidak menjadi korban kecelakaan berikutnya,” kata Kapolres.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge