0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tari Rajamala Tampil Kolosal, Libatkan Ratusan Penari

Pertunjukan drama tari Rajamala yang disajikan di lapangan Losari, Sabtu (29/7). (foto: Heru)

Solo – Kelurahan Semanggi memaksimalkan potensi seni budaya di wilayahnya untuk mendukung sektor pariwisata. Hal ini diwujudkan dengan pertunjukan drama tari Rajamala yang disajikan di lapangan Losari, Sabtu (29/7).

“Kelurahan kami memiliki potensi yang cukup besar, kami punya 9 sanggar seni baik tari maupun karawitan yang kita maksimalkan pada pertunjukan tari ini,” ujar Lurah Semanggi, Sularso.

Untuk even tingkat kelurahan, Grebeg Semanggi tergolong istimewa. Semanggi menjadi kelurahan pertama dari 51 kelurahan di Kota Solo yang berani mengadakan pertunjukan sendratari. Kelurahan lain umumnya masih berkutat di even-even sederhana seperti kirab, pasar malam.

Pertunjukan sendratari, selama ini, hanya digelar di even-even tingkat kota atau pertunjukan dari komunitas seniman. Hal itu, menurut Sularso, tak lepas dari banyaknya sanggar seni di Kelurahan yang berada di tepi Sungai Bengawan Solo itu.

“Ya karena potensi masyarakat kami besar. Karenanya kami memberanikan diri untuk menggelar drama tari,” kata dia.

Sebanyak 300 orang terlibat dalam proses penggarapan drama tari. Kebanyakan dari mereka adalah siswa-siswi dari sanggar seni di Kelurahan Semanggi.

Berdasarkan pantauan ribuan masyarakat tumpah ruah ke lokasi pementasan drama tari Rajamala. Selain menggelar drama tari, Kelurahan semanggi juga akan menggelar kirab Rajamala yang akan dilaksanakan pada Minggu (30/7) pagi.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge