0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polisi Bongkar Kasus Penipuan Libatkan 93 WN China

WN China yang diamankan (merdeka.com)

Timlo.net – Tim Satgasus Polri menangkap 93 warga negara (WN) China dari empat lokasi di beberapa kota, Sabtu (29/7). Penggerebekan terkait kasus sindikat penipuan online.

Tim terdiri dari gabungan Dit Siber Bareskrim Polri, Ditreskrimum PMJ, Ditreskrimsus PMJ dan Polresta Depok bekerja sama dengan Kepolisian China.

“Modus operasi penipuan dan atau pemerasan di mana pelaku mengaku sebagai aparat penegak hukum (polisi, kejaksaan) dengan korban kejahatan WNA di Negara China di 3 lokasi di perumahan Bukit Darmo Golf Surabaya,” kata Kombes Herry Heryawan selaku pimpinan tim.

Tiga lokasi yang digerebek adalah rumah di Jalan Mutiara Graha Family Blok N-1 Bukit Darmo Golf Surabaya, rumah di Jalan Graha Family Timur 1 Blok E 68 Bukit Darmo Golf, dan rumah di Jalan Graha Family Timur 1 Blok E 58 Bukit Darmo Golf.

“Hasil interogasi sementara melakukan aktivitas kejahatan Cyber Internasional sejak bulan Februari 2017. Total keseluruhan pelaku 93 orang,” kata Herry.

Dia menjelaskan, modus pelaku mengaku sebagai aparat penegak hukum (polisi atau jaksa) dengan korban adalah WN China yang berada di China. Korban diancam sedang terlibat kasus tertentu yang sedang ditangani oleh aparat penegak hukum.

“Kemudian korban dijanjikan bahwa kasusnya akan dibekukan dengan jaminan korban mengirimkan sejumlah uang ke rekening yg sudah dipersiapkan oleh pelaku. Setelah korban mengirimkan dan menyadari bahwa korban telah ditipu selanjutnya melaporkan peristiwa tsb ke Kepolisian China,” jelas Herry.

Barang bukti yang ditemukan dari penggerebekan ini adalah laptop 5 unit, iPad mini 3 unit, iPad 1 unit, gagang telepon 41 buah, wireless router 12 unit, hub network 12 unit, handphone 82 unit, dan numeric keyboard 17 unit.

[bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge