0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seminar Nasional Perkembangan Obat Kanker Terkini

(foto: Tyo Eka)

Solo – Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi (USB) Surakarta membahas perkembangan obat Kanker terkini dan aplikasinya. Pembahasan melibatkan mahasiswa, akademisi dan praktisi Apoteker, di Hotel Megaland Surakarta, Sabtu (29/7).

“Tiga pembicara berkompeten dihadirkan, yakni Dr. Muhammad Nursid (Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan), Indra Bachtiar Ph.D (Stemcell and Cancer Institute Kalbe Farma), dan Halim P. Jaya, S.Farm., M.Farm.Klin., Apt. (Rumah Sakit Dr. Soetomo, Surabaya),” ungkap Ketua Panitia, Dr. Jason Merari P, M.Si, MM, Apt kepada wartawan, di sela-sela acara.

Jason mengemukakan, teknologi stem cell kini menjadi tren yang dianggap bisa membantu pengobatan dalam bidang medis. Stem cell memiliki potensi yang besar untuk dimanfaatkan sebagai terapi sel bagi berbagai penyakit degeneratif dan kanker yang sulit disembuhkan, di antaranya diabetes, infark jantung, stroke, atau pun parkinson.

“Maka dari itu, untuk memberikan pengetahuan mengenai pergeseran paradigma dalam hal pengobatan, dari obat-obatan kimia konvensional menuju ke arah terapi yang lebih molekuler yaitu stem cell, kami mengadakan kegiatan ini,” ungkapnya.

Usai pembahasan ini, menurut Jason, peserta diharapkan bisa mengetahui potensi pengembangan obat kanker dengan bahan yang berasal dari laut (marine), pengembangan terapi stem cell yang memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan sebagai terapi sel bagi berbagai penyakit degeneratif dan kanker yang sulit disembuhkan, serta mengetahui terapi kanker terkini dan penanganan obat sitostatika di rumah sakit.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge