0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rudy Larang Anak di Bawah 17 Tahun Bawa Motor

Peringatan Hari Anak Nasional di pelataran Benteng Vastenburg, Sabtu (29/7). (foto: Heru)

Solo – Walikota Solo menyerukan kepada orang tua siswa yang masih berusia di bawah 17 tahun untuk tidak mengendarai sepeda motor. Hal ini dikatakannya saat Peringatan Hari Anak Nasional di pelataran Benteng Vastenburg, Sabtu (29/7).

“Orang tua dan anak seharusnya paham dengan aturan berlalulintas kita, yakni anak di bawah 17 tahun tidak boleh mengendarai sepeda motor,” kata pria yang akrab disapa Rudy tersebut.

Dia mencontohkan sebuah kasus kecelakaan yang dialami oleh seorang siswa SD yang menabrak sebuah mobil. Hal ini menjadi bukti konkrit masih rendahnya kesadaran masyarakat mengenai tingkat keselamatan berlalulintas.

“Kalau begitu, kan orang tua juga salah, kenapa membiarkan anak mengendarai sepeda motor sendiri,” kata dia.

Ditegaskan dirinya akan secara acak melakukan pengecekan terhadap sekolah-sekolah yang membiarkan siswanya yang belum cukup umur membawa sepeda motor.

“Kalau masih nekat, mau SD, SMP, bahkan SMA dan SMK yang pengelolaannya berada di pemprov, pemkot tetap wajib memberikan sanksi tegas,” urainya.

Dirinya mengimbau kepada siswa untuk menggunakan sepeda ke sekolah. Sebab selain bisa mengurangi kemacetan, penggunaan sepeda juga bisa mengurangi tingkat polusi udara.

“Lebih bagus menggunakan sepeda, karena sehat, tidak macet, dan mengurangi polusi,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge