0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Semarak Budaya Indonesia Ditutup dengan Hambo Batu

Atraksi tersohor Hambo Batu atau lompat batu (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Atraksi tersohor Hambo Batu atau lompat batu diperagakan oleh sejumlah pemuda asal Nias, di pagelaran Semarak Budaya Indonesia (SBI), di Taman Balekambang, Jumat (28/7) malam. Tari ini menggambarkan keperkasaan pemuda-pemuda Nias dalam menjalani hidup.

“Karena memang kondisi alam di Nias bergunung-gunung dan keras, maka dibutuhkan keterampilan fisik terutama bagi kaum laki-laki. Nah inilah yang jadi dasar adanya tarian Hambo Batu ini,” terang Ketua Tim Komunitas Masyarakat Nias Jawa Tengah, Etika Halawa, saat dijumpai Timlo.net.

Selain menunjukkan kepiawaian pemuda-pemuda Nias, dalam gelaran yang menjadi agenda tahunan tersebut juga ditampilkan Tari Tuwu yang ditarikan oleh para pemudi. Tari ini menceritakan persatuan yang digalang oleh permaisuri raja Nias dalam membangun kerajaan mereka.

Dikatakan bahwa ada 60 orang dari masyarakat Nias yang berpartisipasi dalam acara tersebut. Mereka merupakan pelajar dan mahasiswa yang sedang menjalani masa pendidikan di beberapa universitas di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

“Tidak semua memiliki background kesenian dalam arti pendidikan formal seni, namun karena kesenian sudah menjadi bagian tak terpisahkan sejak mereka kecil, maka mereka bisa menarikan tarian khas Nias ini,” imbuh Etika Halawa.

SBI sendiri merupakan kegiatan bertemunya para penggiat kesenian terutama seni tari. Keberadaan SBI diharapkan bisa menjadi ajang apresiasi sekaligus ekspresi para pekerja seni dan penikmat seni.

Tahun ini SBI tidak semata mengusung tari tradisi kedalam panggung mereka, melainkan mereka juga mengakomodir keberadaan tari kontemporer sebagai bagian tak terpisahkan dari perkembangan tradisi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge