0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Alasan Pemerintah Hanya Kucurkan Rp 45,37 Triliun untuk Tambahan Subsidi Listrik

(merdeka.com)

Timlo.net – Pemerintah hanya menyetujui anggaran untuk subsidi listrik sebesar Rp 45,37 triliun pada APBN Perubahan 2017. Sebelumnya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan sempat mengusulkan penambahan subsidi listrik menjadi sekitar Rp 51 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan alasan pemerintah tidak mengabulkan permintaan Menteri ESDM tersebut adalah, karena pemerintah menimbang dari sisi keseluruhan postur kemampuan penerimaan pajak dan kemampuan alokasi belanja negara.

“Kita akan terus melihat dari sisi keseluruhan postur kemampuan penerimaan pajak dan juga dari sisi kemampuan untuk mengalokasikan belanja negara,” kata Sri Mulyani di kantornya, Jakarta, Jumat (28/7).

Selain itu, dengan dibatalkannya tambahan subsidi Rp 7 triliun, pemerintah juga menginginkan adanya peningkatan daya beli masyarakat. Mengingat, dengan pemberian subsidi yang tepat sasaran, maka masyarakat penerima subsidi listrik bisa menggunakan dananya untuk keperluan lain.

“Jadi kita akan lihat terus. Memang selalu kalau ada pandangan dari lapisan masyarakat tertentu, dari region tertentu, dari kelompok usaha tertentu ya kita akan lihat apakah ada masalah yang lebih serus yang harus kita perhatikan dari sisi policy respons,” jelas dia.

[sau]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge