0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mengajar di SMKN 4 Solo, Ini yang Dijelaskan Gubernur Ganjar

Solo — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajar ratusan siswa SMKN 4 Solo, Jumat (28/7). Gubernur memberikan materi seputar pendidikan karakter, serta berbagi cerita dan pengalaman seputar dunia pendidikan.

“Anak sekolah di SMK setidaknya mengetahui produk knowledge, termasuk proses, hingga cara menjual. Sehingga nanti ketika akan memasuki bursa kerja, sudah siap dengan kompetensi yang dimiliki,” jelas Ganjar.

Menurutnya, siswa SMK dididik untuk mengambil profesi yang banyak dan terampil. Itulah konsep dasar pendidikan SMK. Yakni untuk mengisi ruang-ruang industri, ruang-ruang usaha dan ruang-ruang ketrampilan lainnya yang bisa memajukan bangsa dan negara.

“Itu hal yang perlu dicamkan, karena pada era 2020 hingga 2025 kita akan memperoleh bonus demografi, dimana usia kerja muda banyak sekali. Artinya kalau kita tidak terampil dan tidak kreatif akan tersisih. Kalau tersisih, maka tidak akan mendapatkan pekerjaan, akhirnya ngamuk. Kriminalitas meningkat, pengangguran dan sebagainya,” tandasnya.

Untuk itu, Ganjar meminta para siswa agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Selain itu juga meminta agar para guru mendidik siswa-siswinya tidak hanya dengan membekali mereka dengan ilmu dan keterampilan, tapi juga moral mereka. Sebab selain memiliki keterampilan dan kompetensi.

“Saya harap lulusan SMK bisa memiliki moral yang baik, serta berintegritas,” pintanya.

Sementara itu, Humas SMKN 4 Solo, Hendrina mengemukakan, berdasarkan spectrum 2013, pihaknya mengelola empat program studi keahlian, yakni: Program Keahlian Kepariwisataan, Paket keahlian Akomodasi Perhotelan; Program Keahlian Tata Boda, Paket Keahlian Jasa Boga dan Patiseri; Program Keahlian Tata Kecantikan, paket keahlian Kecantikan Kulit, Kecantikan Rambut; Program Keahlian Tata Busana, Paket Keahlian Busana Butik.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge