0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pedagang Atribut Kemerdekaan Mulai Marak, Harga Naik

Pedagang atribut kemerdekaan (dok.timlo.net/setyo pujis )

Solo — Menjelang peringatan HUT KemerdekaanRI ke 72, sejumlah pedagang atribut kemerdekaan mulai marak di sejumlah ruas jalan Kota Solo. Mereka menawarkan atribut kemerdekaan bervariasi, mulai dari bendera, umbul-umbul, background dan lainnya.

Mulai berjualan atribut ini sejak seminggu yang lalu. Kalau masih awal-awal seperti ini memang masih sepi, kebanyakan baru melihat-lihat, ujar salah seorang pedagang dari Jawa Barat, Sadam kepada wartawan, Jumat (28/7).

Meskipun permintaan masih cenderung landai, namun dalam sehari dipastikan selalu ada yang laku. Dan permintaan itu diprediksi terus meningkat, seiring dengan mendekatinya perayaan HUT Kemerdekaan RI, tanggal 17 Agustus.

Ya lumayan, sehari rata-rata bisa terjual sekitar 4-5 buah. Baik bendera maupun yang lain, jelasnya.

Adapun untuk harga barang yang ditawarkannya bervariasi. Misalnya untuk umbul-umbul di kisaran Rp 17.500 per buah, background merah putih kisaran Rp 145 ribu – Rp200 ribu, sedangkan bendera mulai dari Rp 15 ribu. Perbedaan harga itu tergantung dari jenis dan ukuran yang diinginkan konsumen.

Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan, ia mengaku sudah menyiapkan sekitar 75 kodi yang terdiri dari berbagai jenis atribut kemerdekaan.

Sementara pedagang atribut di kawasan Jl Adi Soemarmo, Asep, mengaku sengaja berjualan atribut kemerdekaan karena untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat. Pasalnya, permintaan atribut tersebut cenderung meningkat seiring dengan mendekatinya perayaan Hari Kemerdekaan.

 Sekarang memang untuk permintaan masih sepi, kebanyakan mereka yang datang baru ingin melihat-lihat dan membandingkan harga, terangnya.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, ia mengatakan untuk harga barang cenderung ada kenaikan sekitar 10-15 persen.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge