0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kartu JKN-KIS Tak Distribusikan, Pelaku Ditindak Tegas

Kartu Indonesia Sehat (dok.timlonet/ist)

Solo — Menyikapi kasus ditemukannya sejumlah Kartu JKN-KIS di Blitar, BPJS Kesehatan dan JNE berkomitmen menindak tegas pelaku yang tidak melaksanakan distribusi sesuai prosedur yang berlaku. Sebagai bentuk pertanggung jawaban, JNE juga akan mengakomodasi biaya kesehatan yang ditanggung oleh penerima JKN-KIS.

 Kami siap bertanggung jawab dan akan menindak tegas semua pihak di internal manajemen perusahaan maupun mitra yang tidak menjalankan prosedur sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh perusahaan sesuai ketentuan hukum, ujar VP Marketing JNE Eri Palagunadi, Jumat (28/7).

Menyikapi adanya kasus itu, Eri mengaku pihak JNE sudah berkomitmen akan mengirim ulang kartu JKN-KIS tersebut kepada peserta yang berhak. Bahkan JNE juga akan mengakomodasi biaya kesehatan yang ditanggung oleh penerima JKN-KIS akibat permasalahan ini sampai dengan kartu JKN-KIS diterima peserta yang bersangkutan.

Sementara itu, Kepala Humas BPJS Kesehatan Nopi Hidayat mengungkapkan, dalam pendistribusian kartu JKN-KIS untuk peserta PBI, BPJS Kesehatan bekerjasama dengan PT Pos Indonesia dan PT TIKI – JNE melalui proses pengadaan sesuai ketentuan yang berlaku.

Dalam kontrak disebutkan kedua distributor tersebut berkewajiban mendistribusikan kartu JKN-KIS sesuai dengan pembagian wilayah. JNE mendistribusikan kartu JKN-KIS untuk wilayah Sumatera, Banten, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, JawaTimur, Bali, NTB dan NTT.

Terkait dengan adanya kasus itu, kita sudah mengantisipasi dengan menyampaikan surat kepada Dinas Kesehatan Kota Surabaya dan Kelurahan Siwalan Kerto dan Bendul Merisi terkait daftar peserta JKN-KIS PBI aktif.  Sehingga peserta JKN-KIS bisa tetap dapat pelayanan kesehatan sesuai dengan haknya, tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge