0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Massa aksi 287 Berkumpul di Masjid Istiqlal

Massa aksi 287 berkumpul di Masjid Istiqlal (merdeka.com)

Timlo.net – Massa aksi 287 mulai memadati masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (28/7). Mereka melakukan Salat Jumat sebelum melakukan aksi orasi dan long march.

Deri, salah satu warga asal Cempaka Putih mengaku datang bersama teman-temannya untuk melakukan aksi 287. Ia menolak keras tentang adanya Perppu Ormas yang telah diterbitkan oleh pemerintah belum lama ini.

“Kami merasa perppu ormas ini diterbitkan hanya untuk menimbulkan rezim diktator pada pemerintahan. Katanya negara demokrasi, kok ormas saja ada yang dibubarkan,” kata Deri ketika berbincang dengan merdeka.com di lokasi.

Terlihat pula posko logistik untuk para massa Aksi 287 tersedia di Masjid Istiqlal, mereka membagikan makanan serta cemilan gratis untuk para jamaah yang akan melakukan aksi tersebut.

“Iya ini logistik buat jamaah semuanya, gratis tidak bayar mas,” kata salah satu penjaga posko logistik, Tiwi.

Seperti diketahui, aksi 287 digelar untuk menolak Perppu Ormas serta memprotes pencabutan badan hukum ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Ketua Presidium Alumni 212, Slamet Maarif menjelaskan kalau aksi tersebut bertujuan untuk mendesak pencabutan Peraturan Pergantian Undang-undang nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

“Kita mengkhawatirkan betul kalau Perppu ini terus bergulir akan muncul rezim diktator baru yang menjudge tanpa pengadilan,” kata Slamet.

Selain itu, Slamet juga khawatir kalau Perppu ini nantinya malah membungkam ‘mulut’ ormas Islam.

“Tidak bisa dipungkiri korban pertama (Perppu) adalah ormas Islam. Makanya kita akan mengadakan aksi yang seyogyanya diadakan di Istana Negara,” tambahnya.

Perppu 2/2017 tentang ormas sudah digugat ke Mahkamah Konstitusi. Akibat Perppu tersebut, ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) resmi dibubarkan karena dianggap radikal dan bertentangan dengan Pancasila.

[rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge