0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Semanggi Jadi Kelurahan Pertama Penyelenggara Sendratari

Lurah Semanggi, Sularso (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Grebeg Semanggi 2017 bakal digelar Sabtu-Minggu (29-30/7) di Lapangan Losari, Semanggi, Solo. Pada perhelatan kali ini, panitia menjanjikan tontonan spektakuler berupa pergelaran Seni Drama dan Tari (Sendratari). Mengangkat lakon Adeging Semanggi, pertunjukan kolosal tersebut melibatkan lebih dari 100 penari.

“Kita ingin memberikan nuansa yang berbeda dari grebeg yang kemarin-kemarin,” kata Lurah Semanggi, Sularso, Jumat (28/7).

Untuk even tingkat kelurahan, Grebeg Semanggi tergolong istimewa. Semanggi menjadi kelurahan pertama dari 51 kelurahan di Kota Solo yang berani mengadakan pertunjukan sendratari. Kelurahan lain umumnya masih berkutat di even-even sederhana seperti kirab, pasar malam.

Pertunjukan sendratari, selama ini, hanya digelar di even-even tingkat kota atau pertunjukan dari komunitas seniman. Hal itu, menurut Sularso, tak lepas dari banyaknya sanggar seni di Kelurahan yang berada di tepi Sungai Bengawan Solo itu.

“Karena saya lihat ada banyak (sanggar seni), saya beri tantangan, berani nggak mengadakan sendratari. Ternyata berani,” katanya.

Sularso mengakui mendapat bantuan dari berbagai  komunitas seniman dan akademisi seperti UNS, SMKN 8, dan ISI. Namun ia memastikan mayoritas personel yang terlibat dalam pertunjukan sendratari adalah warga asli Semanggi.

“Saya cukup bangga karena bisa dibilang 95 persennya adalah anak-anak asli warga Semanggi,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge