0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tim Dosen Farmasi USB Gelar Program Kemitraan Masyarakat

Dosen Farmasi USB menggelar Program Kemitraan Masyarakat (PKM) (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Tim Dosen Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi (USB) melakukan inovasi terhadap sediaan farmasi berupa aromatheraphy minyak kayu putih. Inovasi tersebut dituangkan pada Proposal Pengabdian dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

“Sasaran Program Kemitraan Masyarakat ini adalah Siswa SMK Kesehatan Jurusan Farmasi SMK Mandala Bhakti Surakarta dan SMK Donohudan Boyolali,” ungkap Ketua Tim Pelaksana PKM USB, Wiwin Herdwiani kepada wartawan, di kampus USB, Solo, Jumat (28/7).

Wiwin mengatakan, Program Kemitraan Masyarakat ini didanai oleh Ristek Dikti pada tahun 2017. Tim pelaksana PKM terdiri dari dua dosen Fakultas Farmasi USB yakni Wiwin Herdwiani dan Fransiska Leviana serta melibatkan empat mahasiswa USB.

Lebih lanjut Wiwin mengatakan, dalam PKM aromatheraphy minyak kayu putih ini para siswa SMK mendapatkan pelatihan destilasi minyak atsiri. Selain itu, tim pelaksana PKM jugamenyerahkan seperangkat alat destilasi kepada SMK Mandala Bhakti Surakarta dan SMK Donohudan Boyolali. Alat destilasi tersebut diharapkan dapat menambah ketrampilan siswa dalam metode isolasi berbagai simplisia, sekaligus dapat mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuannya menggali potensi agar dapat berperan dalam berbagai kompetensi ilmiah.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah agar siswa SMK Farmasi mempunyai kemampuan wirausaha berbasis teknologi Farmasi (pharmacypreneur). Sementara target khusus dari kegiatan ini adalah siswa SMK Farmasi mempunyai kemampuan memproduksi, memformulasi, mengemas dan memasarkan minyak aromatheraphy Kayu Putih yang berkhasiat sebagai karminative dan analgetika,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge