0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pembangunan Embung dan Bendung Karet Tirtonadi Gusur 254 Hunian

Ketua Pokja, Joko Santoso (kanan) bersama wakilnya, Trihono (kiri) saat memberi keterangan kepada wartawan di Balaikota Solo, Kamis (27/7) (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pembangunan Embung dan Bendung Karet Tirtonadi dipastikan menggusur ratusan hunian warga Nusukan, Banjarsari. Berdasarkan data dari Kelompok Kerja (Pokja) yang dibentuk warga terdampak, setidaknya ada 254 hunian yang bakal kena gusur.

“Yang 195 hunian di bantaran sungai, selebihnya 59 hunian berada di badan jalan,” kata Ketua Pokja, Joko Susanto.

Relokasi 254 hunian tersebut ditangani dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yaitu Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (DPKPP) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR). DPKPP bertanggung jawab menangani relokasi hunian di bantaran sungai, sedangkan DPUPR menangani relokasi hunian yang berada di badan jalan (Jalan Popda).

Untuk sementara, Pokja masih berkonsentrasi mengurus relokasi hunian warga yang berada di bantaran sungai. Pasalnya, dana dari DPKPP sudah disiapkan sejak jauh-jauh hari. Pencairan dana tinggal menunggu penerbitan SK (Surat Keputusan) Walikota setelah Pokja rampung memverifikasi penerima bantuan.

“Kita harus pastikan supaya tepat sasaran,” kata Wakil Ketua Pokja, Trihono.

Ia menerangkan, tidak semua hunian akan mendapatkan bantuan dari Pemkot. Bantuan hanya akan diberikan kepada pemilik hunian yang ber-KTP Solo. Sedangkan warga yang berasal dari luar kota hanya akan mendapat ongkos bongkar saja.

“Tidak banyak (yang ber-KTP luar Solo-Red). Tapi ada,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge