0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ki Manteb Sudarsono Beberkan Rahasianya Sebagai Dalang Kondang

Ki manteb Sudarsono bersama anak-anak program Belajar Bersama Maestro Kemeterian Pendidikan (timlo.net/heru gembul)

Solo — Dalang tersohor Ki Manteb Sudarsono membeberkan rahasianya dalam mencapai puncak kesuksesan sebagai maestro seni pedalangan. Dihadapan 20 anak dari berbagai provinsi di Indonesia, dalam program Belajar Bersama Maestro (BBM)  Kementerian Pendidikan, Ki Manteb bertutur bahwa rahasia itu adalah rasa percaya diri.

“Yang penting harus percaya diri. Itu saja. Orang mau bilang apa monggo terserah,” kata pria yang dijuluki Dalang Setan tersebut oleh penggemarnya, Selasa (25/7).

Kepada siswa yang selama program BBM tinggal di padepokan Manteb Sudarsono di kawasan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, pria kelahiran 31 Agustus 1948 tersebut berkisah, bahwa dirinya lahir dari darah seniman. Bapaknya adalah seorang Dalang bernama Ki Hardjo Brahim, sedang sang ibu adalah pemain gamelan.

“Waktu kecil saya sering diajak bapak untuk ndalang. Sejak SD saya sudah mulai belajar mendalang dan menulis sanggit. Sekitar umur delapan tahun saya sudah bisa mendalang semalam suntuk.” kata dia.

Pria yang tahun ini genap berusia 69 tahun tersebut juga mengatakan dulunya dia juga sempat tidak percaya diri terhadap penampilannya. Sebab, saat Manteb hendak menjajaki dunia pedalangan, terlebih dulu sudah ada Ki Anom Suroto serta Ki Narto Sabdo.

“Nah, kalau saya tidak percaya diri, saya bisa kalah. Maka saya cari juga apa yang jadi keunggulan saya, saya latih terus hingga benar-benar saya kuasai,” kata dia.

Dirinya berpesan, untuk selalu percaya dengan diri sendiri dan tetap berpegang  pada prinsip. Serta menggali dan mengenali potensi diri bersungguh-sungguh dalam mengembangkan diri.

“Setelah semua dilakukan, pasrahkan pada Gusti Allah, pasti berhasil.” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge