0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengurus HTI Belum Terdaftar di Kesbangpol

Kepala Kesbangpol Wonogiri, Sulardi (dok.timlo.net/doni a)

Wonogiri — Dari data Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di Wonogiri, ada ratusan anggota dan pengurus Hisbut Tahrir Indonesia (HTI). Mereka sudah ada di Wonogiri sejak lama. Namun keberadaan ormas ini belum terdaftar di Kesbangpol.

“Diperkirakan anggota dan pengurus HTI di Wonogiri ini sekitar 100 orang. Dan bisa saja ketika ormas ini dibubarkan jumlah mereka berkurang,” ungkap Kepala Kantor Kesbangpol Wonogiri, Sulardi, Kamis (27/7).

Dia menyebut, tidak menutup kemungkinan dari jumlah tersebut ada sebagian yang hanya sekadar simpatisan. Terlebih lagi, setelah pemerintah menyatakan jika HTI tak sejalan dengan Pancasila, mereka dimungkinkan tak mengikuti HTI lagi.

“Tidak kegiatan selama di Wonogiri, mereka hanya mengikuti kegiatan di daerah lain. Hingga saat ini HTI Wonogiri belum terdaftar di Kesbangpol. Idealnya, meski ormas sudah diakui pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM), pengurus daerah seharusnya melapor ke pemerintah daerah setempat. Hal itu supaya Kesbangpol dan institusi lainnya dapat mendata, membina, dan mengawasi kegiatan mereka,” katanya.

Informasi yang diperoleh, ketua HTI Wonogiri berinisial RP warga Kecamatan Baturetno dan salah satu pengurusnya SS juga warga Kecamatan Baturetno. RP sendiri diketahui berstatus sebagai kepala rukun warga (RW) di dusunnya, sedang SS merupakan guru sekolah menengah di kecamatan setempat.

Sulardi melanjutkan, sejauh ini pihaknya belum mengetahui ada dan tidaknya anggota HTI yang berstatus PNS.  Soal tindakan lain, Kesbangpol masih menunggu keputusan MK. Selain itu, pihaknya juga bersama Kodim, Polres, dan Kejari Wonogiri terus melakukan pengawasan terhadap mereka.

” Kita koordinasi dulu, kalau bisa dibina dulu semisal ada mantan anggota HTI yang PNS, dan jika tidak bisa ya dipecat,” tandasnya.

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge