0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PNS Sukoharjo Bebas HTI

Ormas HTRI dibubarkan (dok.merdeka.com)

Sukoharjo — Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) memastikan tidak ada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terlibat ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Kepastian ini didapatkan setelah dilakukan verifikasi setiap bulannya terhadap seluruh PNS yang ada di Kabupaten Sukoharjo serta pengawasan oleh Kepala SKPD terkait.

“Sebelum adanya Perppu tentang pembubaran ormas yang tidak sesuai Pancasila ini, kita PNS di dalam Peraturan Pemerintah no 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS sudah diatur. Di situ disebutkan PNS harus setia kepada Pancasila dan UUD 45, dan di Sukoharjo saya pastikan tidak ada yang terlibat,” kata Kepala BKPP, Joko Triyono, kamis (27/7).

Setiap bulan BKPP melakukan pendataan dan verifikasi kepada seluruh PNS yang bertugas di Kabupaten Sukoharjo yang saat ini berjumlah sekitar 8.000 orang. Pendataan tersebut dilakukan untuk mengetahui kinerja pegawai serta mengevaluasi setiap tugas yang dikerjakan, serta melihat latar belakang masing-masing PNS.

Namun demikian, jika nantinya ditemukan adanya indikasi seorang pegawai terlibat gerakan ataupun ormas terlarang, BKPP akan membentuk tim khusus untuk melakukan pemeriksaan. Dan hasilnya disesuaikan sesuai tingkat pelanggaran yang dilakukan, yang tertinggi hingga dilakukan pemecatan.

“Kalau sampai ada indikasi oknum PNS terlibat kita akan bentuk tim dari Inspektorat, Bagian Hukum dan BKPP untuk melakukan pemeriksaan. Yang jelas kita bekerja sesuai aturan dan berlandaskan hukum, sehingga tidak langsung begitu saja kita putuskan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge