0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sopir Angkutan Umum akan Bersertifikat Internasional

Sosialisasi sertifikasi pengemudi angkutan umum (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Sopir atau driver angkutan umum akan mendapat sertifikat bertaraf internasional melalui serangkaian pelatihan dan ujian. Diharapkan dengan sertifikasi ini, para pengemudi angkutan umum bisa lebih profesional dan bertanggungjawab tidak hanya kepada keamanan dirinya, tapi juga keselamatan penumpangnya.

“Hari ini kita adakan sosialisasi kepada pengusaha angkutan umum dan drivernya terlebih dahulu mengenai pelatihan dan uji mopetansi profesi pengemudi. Karena profesi pengemudi ini bukan hanya soal mengemudi, tapi bagaimana memberikan keamanan dan kenyamaman kepada penumpang,” kata Kasat Lantas Polres Sukoharjo, AKP Finan Sukma Radipta, Kamis (27/7).

Program pelatihan yang nantinya berujung kepada sertifikasi pengemudi ini akan terintegrasi dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertifikasi profesi itu nantinya berguna untuk melindungi pengemudi menjadi satu-satunya tersangka atas peristiwa kecelakaan dan juga melatih kemampuan dan perilaku saat membawa kendaraan angkutan umum.

Program satu-satunya di Provinsi Jawa Tengah ini digagasa Satuan Lalu Lintas Polres Sukoahrjo bersama Dinas Perhubungan, setelah seblumnya mendapat masukan dalam forum Lintas. Selain itu, program pelatihan dan setifikasi ini melibatkan pihak swasta yang expert di bidang keselamtan berkendara.

“Pelatihan dan ujian akan dilakukan selama dua hari dengan mendatangkan unit kendaraan angkutan umum asli dan bukan sekdar simulasi. Nantinya materi pelatihan meliputi perilaku pengemudi, perisapan mengemudi, mengecek kendaraan, hingga menurtunkan penumpang, sehingga ke depan tingkat fatalitas Lakalantas bisa ditekan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge