0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Musim Haji, Toko Oleh-Oleh Tambah Stok Barang

Karyawan Toko Oleh-oleh Al Madinah saat melayani pelanggan (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Memasuki musim haji, sejumlah pedagang oleh-oleh di wilayah Pasar Kliwon mulai melakukan penambahan stok barang. Pasalnya, pesanan permintaan dari luar kota sudah mulai banyak yang masuk  sejak beberapa minggu terakhir.

“Penambahan stok barang sudah kita lakukan sekitar tiga kali lipat dari biasanya. Mulai dari kurma, kacang arab, air zam-zam dan perlengkapan ibadah lainnya,” ujar Pemilik Kios Al Madinah, Kamino kepada wartawan, Kamis (27/7).

Meskipun periode keberangkatan haji dari Solo baru dilakukan besok, namun ia mengaku pesanan yang masuk ditempatnya sudah mulai banyak. Mereka yang melakukan pemesanan tidak hanya datang dari dalam kota tapi juga luar kota.

“Kalau untuk harga sekarang ini cenderung normal, atau tidak ada kenaikan,” jelasnya.

Hal sama juga dirasakan pedagang lainnya. Karyawan toko oleh-oleh haji dan umroh, Assegaf, Ita mengaku permintaan oleh-oleh seperti kurma, perlengkapan ibadah, air zam-zam dan lainnya  sudah mulai banyak yang masuk. Untuk memudahkan pelanggan, pihaknya juga menyediakan jasa pengiriman barang yang bekerjasama dengan jasa ekspedisi.

“Pada musim haji kali ini kita juga menyediakan paket oleh-oleh, yang terdiri dari air zam-zam, kurma dan kismis. Untuk harga bervarasi, mulai Rp 15 ribu – Rp 25 ribu,” jelasnya.

Untuk menyikapi lonjakan permintaan, ia mengaku sudah melakukan penambahan stok barang sekitar tiga hingga empat kali lipat. Tingginya permintaan itu diprediksi terus terjadi hingga periode haji berakhir.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge