0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lawan Stres, Pegawai Harusnya Diperbolehkan Main Game di Kantor

Bermain video game. (Dok: Timlo.net/ Indy100.com)

Timlo.net—Bermain video game saat istirahat sebenarnya lebih baik daripada beristirahat biasa. Kesimpulan ini berasal dari sebuah penelitian baru. Para peneliti meminta para relawan untuk melakukan tugas berbasis komputer sehingga mereka mengalami kelelahan kognitif. Para relawan lantas diminta beristirahat selama lima menit. Saat istirahat, para relawan dibagi ke dalam tiga kelompok berbeda.

Satu kelompok diminta bermain video game “Sushi Cat” selama istirahat. Kelompok kedua diminta mengikuti kegiatan relaksasi tertentu. Sementara kelompok ketiga diminta duduk dengan tenang tanpa komputer atau smartphone. Tingkat stres dan mood mereka diukur sepanjang penelitian. Kinerja kognitif mereka juga diukur secara teratur.

Dari 66 relawan, mereka yang tidak bermain video game tidak fokus dalam bekerja. Mereka juga cemas tentang hasil kinerja mereka. Kelompok yang mengikuti aktivitas relaksasi mengalami penurunan tingkat stres. Tapi hanya mereka yang bermain video game yang merasa lebih baik setelah istirahat.

Michael Rupp, seorang mahasiswa doktoral faktor manusia dan psikologi kognitif dari the University of Central Florida, Amerika Serikat (AS) berkata: “Kita seringkali memaksakan energi kita sepanjang hari supaya lebih banyak pekerjaanselesai, yang mungkin tidak seefektif jika kita beristirahat selama beberapa menit. Orang-orang yang beristirahat di sela-sela pekerjaan mereka untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti bermain video game, akan merasa terisi kembali energinya.”

Sumber: Indy100.com

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge