0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Arah Pandangan Mata Ungkap Jika Seseorang Menyukai Anda

Pandangan mata. (Dok: Timlo.net/ X-Files Universe.)

Timlo.net—Mata kita melihat ke bagian tubuh orang lain secara berbeda, tergantung apakah kita tertarik kepada orang itu secara romantis atau tidak. Kesimpulan ini berasal dari sebuah penelitian terbaru.

Para peneliti mengamati gerakan mata 100 relawan saat mereka melihat foto-foto orang lain. Mereka menemukan jika relawan menganggap orang yang difoto sebagai calon pasangan atau menarik hati, mereka melihat ke wilayah kepala dan dada. Bila relawan tidak tertarik dengan sosok di dalam foto atau hanya menganggap sosok di foto sebagai calon teman, mereka akan melihat ke bagian kaki.

Penelitian itu diterbitkan dalam jurnal “Archives of Sexual Behavior”. Mereka juga menemukan relawan yang jomblo melihat foto-foto itu lebih lama dibandingkan mereka yang sudah berpasangan.

“Akan tetapi, pria biasanya melihat ke bagian dada dan wilayah pinggang-pinggul lebih sering, entah mereka menilai potensi pertemanan atau berkencan. Sementara wanita paling sering melihat ke dada dan kepala. Dan pria lebih mungkin melihat ke kaki seseorang,” ujar Angela Bahns, salah satu peneliti dan asisten profesor di Wellesley College, Boston, Amerika Serikat (AS). Pria melihat lebih sering dan lama ke arah kepala lawan jenis biasanya menilai potensi hubungan asmara.

“Penemuan ini menunjukkan jika tujuan hubungan dan gender mungkin mempengaruhi cara orang mengamati lingkungan mereka dan mencari informasi relevan yang sesuai dengan tujuan mereka,” tambahnya.

Penelitian itu mengungkap jika keindahan tidak terletak di mata orang yang melihat. Tapi dari apa yang dicari orang yang melihat dan tujuan mereka dalam hubungan.

“Penelitian pada ketertarikan cenderung berasumsi jika karakteristik tertentu membuat orang lebih diinginkan. Tapi penelitian baru ini menunjukkan jika apa yang orang cari dalam orang lain tergantung dari tujuan hubungan mereka. Orang yang sama mungkin merupakan teman yang sangat diinginkan, tapi tidaklah cocok dijadikan pasangan,” simpul penelitian itu.

Sumber: Indy100.com

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge