0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ketat, Pilkades di Desa ini Berselisih 5 Suara

Hasil Pilkades serentak di Klaten (dok.timlo.net/red)

Klaten — Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Klaten, Rabu (26/7) kemarin, akhirnya mengerucut pada 48 nama calon Kepala Desa (Kades) terpilih. Hal itu berdasarkan perolehan suara sementara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang dirilis ┬áDinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Klaten.

“Alhamdulillah, dari laporan para Camat di 20 kecamatan pasca pencoblosan di masing- masing desa berlangsungnya Pilkades serentak berjalan aman dan lancar,” kata Kepala Dispermasdes Klaten, Joko Purwanto, Kamis (27/7).

Dikatakan, dari 131 kontestan yang bersaing dalam Pilkades di 48 desa itu terdapat 2 desa dengan hasil perolehan suara sementara di bawah 10 suara. Meliputi, Desa Plawikan, Kecamatan Jogonalan dengan selisih 4 suara dari 3 kontestan, dan Desa Ngawonggo, Kecamatan Ceper dengan selisih sementara 5 suara.

“Paling kecil selisih suaranya dibawah 10 suara ada di Desa Plawikan dan Ngawonggo. Bahkan rata-rata partisipasi pemilih mencapai 80 persen,” kata Joko Purwanto.

Ditanya tahapan pasca penghitungan suara, dia menjelaskan, panitia Pilkades di 48 desa akan melaporkannya hasilnya kepada masing- masing Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Kemudian, BPD melakukan rapat beragendakan usulan pengesahan calon terpilih kepada Pelaksana tugas (Plt) Bupati Klaten lewat Camat.

“Nah setelah menerima usulan nama calon Kades terpilih, Plt Bupati akan segera membuat SK (surat keputusan) penetapan menjadi Kades. Baru dilanjutkan pelantikan yang waktunya sesuai jadwal sampai dengan Oktober. Kami berharap dengan hasil perolehan suara sementara ini para calon Kades bisa legowo,” jelas Joko.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge