0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jadi Tersangka KPK, Pengajuan Pensiun Dini Dua PNS ditolak

Ilustrasi Suap (merdeka.com)

Klaten — Pengajuan pensiun dini dua pejabat Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Klaten yang ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dipastikan bakal ditolak. Dua pejabat eselon itu adalah Kabid Pendidikan Dasar Bambang Teguh Setyo, dan Sekretaris Disdik Sudirno.

“Bukannya mempersulit pengusulan pensiun atas permintaan sendiri (APS) sebagai PNS, tetapi aturannya memang seperti itu,” kata Asisten Bidang Administrasi Setda Klaten, Sri Winoto, Rabu (26/7).

Ia mengatakan, usulan pengajuan pensiun APS dapat ditolak jika yang bersangkutan sedang dalam proses peradilan karena diduga melakukan tindak pidana kejahatan. Hal itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Penolakan itu juga diperkuat dalam Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah tertanggal 25 Oktober 2013. Isinya menyebutkan, usul pemberhentian dengan hormat atas permintan sendiri sebagai PNS dengan hak pensiun musti dilampiri surat pernyataan tidak sedang terlibat permasalahan hukum dan tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat. Sehingga sebagai proses pensiun Sudirno dan Bambang Teguh sebagai PNS merupakan kewenangan Gubernur.

“Jadi bukannya BKPPD (Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah) yang mempersulit. Karena aturannya memang sudah jelas. Apalagi mana berani sini (Pemkab Klaten) mengeluarkan surat pernyataan yang menjamin mereka tidak sedang terlibat permasalahan hukum,” tandas Sri Winoto.

Sebagai informasi, BKPPD Klaten pada Kamis (13/7) lalu menerima surat pengajuan pensiun dini Sudirno dan Bambang sebagai PNS lantaran sakit. Namun dari hasil konfirmasi BKPPD ke KPK, keduanya ternyata sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak 7 Juli 2017. Penetapan itu merupakan hasil pengembangan dari kasus suap pengisian jabatan Bupati Klaten non-aktif Sri Hartini yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) tim KPK pada 30 Desember 2016.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge