0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Cara Efektif Sosialisasi Bahaya Narkoba kepada Siswa

lagu anak menghiasi penyuluhan narkoba (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Tim penyuluh Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan, Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Sukoharjo melakukan road show penyuluhan bahaya narkoba ke sekolah-sekloah se Sukoharjo. Dengan konsep penyuluhan yang mengangkat kearifan lokal serta diselingi musik, cukup efektif menarik perhatian para siswa agar menjauhi pengaruh buruk penyalahgunaan narkoba.

“Kemarin kita melakukan penyuluhan kepada para siswa dari SMP di Pendopo Dinas Pendidikan yang didikuti 150 anak. Kami dari P4GN memakai blangkon dan kostum lurik serta membawa gitar agar bisa menarik perhatian para siswa dan suasana lebih hidup,” kata salah satu tim penyuluh P4GN Sukoharjo, Agus Widanarko, Rabu (26/7).

Tim yang menamakan diri Danar N The Blankon ini membawakan lagu-lagu anak tradisonal, mulai dari Cublak-cublak Suweng, Gundul-gundul Pacul hingga Suwe Ora Jamu. Namun demikian, semua lirik dari lagu-lagu dolanan ini diubah menggunakan kalimat ajakan menjauhi narkoba dan bahaya narkoba.

Selain memberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba, tim P4GN ini juga mempunyai misi untuk mengenalkan budaya dan kearifan lokal kepada masyarakat modern. Tidak hanya di wilayah Kabupaten Sukoharjo saja, namun juga melakukan penyuluhan hingga ke luar kota bahkan sampai diundang ke Istana Negara Jakarta.

“Kita selain bertugas mensosialisasikan bahaya narkoba dan ajakan untuk menjauhinya juga ingin sekaligus mengajak masyarakat untuk mencintai budaya negeri sendiri. Pasalnya, budaya yang cenderung mengarahkan orang untuk menyalahgunakan narkoba datang bukan dari budaya asli Indonesia,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge