0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penerimaan PPh Orang Pribadi Turun 3,94 Persen

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Solo (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Penerimaan pajak penghasilan (PPh) 21, orang pribadi (OP) sampai dengan akhir Juli tercatat mengalami penurunan sekitar 3,94 persen. Hal itu disebabkan karena adanya perubahan pada ketentuan penghasilan tidak kena pajak (PTKP) yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Memang untuk penerimaan pajak dari PPH 21 ini mengalami penurunan. Alasannya karena ada kenaikan pada PTKP, yaitu dari sebelumnya hanya Rp 1,8 juta perbulan sekarang meningkat menjadi Rp 4,5 juta perbulan,” ujar Kepala Kanwil DJP Jateng II, Rida Handanu kepada wartawan, Rabu (26/7).

Karena adanya perubahan itu, ia menyebut sangat berpengaruh terhadap penerimaan pajak di tempatnya. Apalagi di wilayah Soloraya sendri besaran UMK nya hanya dibawah Rp 2 juta, sehingga masih jauh dari batas ketentuan PTKP.

Di Kanwil DJP Jateng II sendiri, tercatat untuk penerimaan pajak yang berasal dari PPh 21 orang pribadi sampai dengan periode 26 Juli sebesar Rp 1,13 Triliun. Realisasi tersebut turun sekitar 3,94 persen jika dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

“Kendati penerimaan PPh 21 turun, namun kita masih optimis penerimaan pajak kita pada tahun ini bisa maksimal. Karena program tax amnesty (TA) kemarin cukup berhasil dan banyak dimanfaatkan para wajib pajak yang melaporkan hartanya,” jelasnya.

Sementara untuk penerimaan pajak secara keseluruhan, ia mengaku saat ini sudah dianggap on the track. Pasalnya dari target Rp 11,9 triliun hingga akhir tahun, pencapaiannya sekarang sudah mencapai 40,54 persen atau sebesar Rp 4,8 triliun.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge