0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awal Semester Dua, Penerimaan Pajak Capai 40,54 Persen

Kepala Kanwil DJP Jateng II, Rida Handanu (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Realisasi penerimaan pajak di Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II sampai dengan awal semester dua mencapai 40,54 persen. Jika dibandingkan dengan  periode yang sama tahun sebelumnya, jumlah penerimaan itu meningkat sekitar 16,49 persen.

“Target penerimaan pajak kita pada 2017 sebesar Rp 11,9 triliun, dan hingga saat ini penerimaan pajak yang sudah masuk mencapai Rp 4,8 triliun atau sekitar 40,54 persen,” ujar Kepala Kanwil DJP Jateng II, Rida Handanu kepada wartawan, di Solo, Rabu (26/7).

Dari kedua belas kantor pelayanan pajak (KPP) yang dinaunginya, ia menyebut KPP Kota Cilacap capaian penerimaan pajaknya dianggap paling tinggi, karena hingga saat ini sudah mencapai 52,49 persen dari target. Sementara penerimaan pajak paling rendah terjadi pada KPP Kebumen dan Temanggung yaitu di bawah 30 persen.

Jika melihat capaian kedua daerah tersebut, Rida menyampaikan memang cukup mengkhawatirkan. Namun demikian, pada semester dua nanti diharapkan bisa mengejar ketertinggalan, seiring dengan adanya serapan anggaran dari APBD dan panen tembakau.

“Karena kedua wilayah itu untuk penerimaan pajaknya masih mengandalkan dari pajak tembakau. Sementara panen tembaku sendiri baru terjadi pada periode Juli sampai September, sehingga kita harapkan pada panen nanti hasilnya bisa maksimal agar dapat mendongkrak penerimaan pajak,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge