0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Perguruan Tinggi Harus Aktif Promosikan Riset dan Inovasi

Guru Beasr IPB, Prof Dr Ir Rina Oktavani MS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Guru besar (Gubes) Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Ir Rina Oktavani MS menyatakan, Perguruan Tinggi harus aktif mempromosikan riset dan inovasi untuk kemajuan ekonomi yang berkelanjutan dan kesejahteraan rakyat.

“Perguruan Tinggi juga dapat berperan dalam penciptaan inovasi dan menjembatani networking secara efektif antara innovator dengan market of knowledge,” jelas Prof Rina dalam Pidato Orasi Ilmiah Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta pada acara Dies Natalis ke 34 UNIBA, di kampus UNIBA Surakarta, Rabu (26/7).

Dijelaskan, PT Bogor Life Science and Technology (BLST) yang dibangun IPB adalalah salah satu contoh perusahaan komersial IPB yang menjadi mediator dalam mempromosikan dan mengembangkan riset dan inovasi kepada masyarakat pengguna, terutama industri.

Menurutnya, Perguruan Tinggi tidak akan bebas nilai dari tuntutan dan perkembangan zaman. Kemampuan menyikapi tantangan dan perkembangan yang mengikuti zaman akan sangat menentukan apakah sebuah universitas dapat tetap kompetitif atau kehilangan pasar.

“Tantangan dan perkembangan inilah yang menuntut universitas untuk menerapkan logika korporasi, dengan mengedepankan prinsip-prinsip efisiensi pembiayaan, memperhitungkan setiap risiko dan kemampuan memprediksi tantangan dan kecenderungan pada masa yang akan dating,” jelas Rina

Ia mengingatkan, saat ini terlepas dari peran tradisional pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, pembangunan ekonomi juga menjadi pilar penting Perguruan Tinggi. Perkembangan ekonomi Negara dapat ditingkatkan dengan partisipasi aktif Perguruan Tinggi dalam melakukan lebih banyak penerapan pengetahuan yang dapat ditindaklanjuti dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

Rina menyatakan, Perguruan Tinggi melalui penelitian dan pengembangan dapat berperan dalam penciptaan nilai tambah. Bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan, peran ini sebagai kunci lompatan ekonomi yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Peluang penelitian, inovasi dan networking sangat besar, terutama di bidang pangan dan pertanian, energi, kesehatan dan infrastruktur. Keempat megatrend studies tersebut sangat berkaitan erat dan saling mempengaruhi,” ungkapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge