0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

E-Ticketing Diklaim Sanggup Kurangi Kebocoran Parkir

Parkir sepeda motor (dok.timlo.net/red)

Solo — Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Solo Muhammad Usman mengklaim bahwa penggunaan e-money dalam parkir elektronik bisa mengurangi kecurangan dan kebocoran retribusi parkir. Sebab pembayaran jasa parkir dengan sistem ini akan terekam dan terpantai secara pasti dan valid.

“Semuanya terekam secara rinci, ini bisa mengurangi kebocoran retribusi,” kata Muhammad Usman, Rabu (26/7).

Dikatakan kawasan yang menerapkan parkir elektronik ini secara otomatis akan berlaku tarif progresif. Ada dua ruas jalan dan tujuh titik parkir di kawasan Jl Gatot Subroto dan Coyudan yang pembayaran retribusi parkirnya memakai layanan e-money.

Usman menbahkan saat ini pihaknya masih gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sebab sistem ini merupakan sistem yang baru dan membutuhkan pemahaman, baik dari Jukir maupun dari masyarakat pengguna jasa parkir.

“Sebab siap atau tidak siap, kebijakan tersebut akan diberlakukan. Karena itu, kami tentu akan melakukan edukasi ke masyarakat, sosialisasi, agar bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Solo Hari Prihatno mengatakan sistem baru ini akan dilaksanakan pada Agustus mendatang. Dikatakan saat ini pihaknya juga tengah melatih jukir untuk bisa menerapkan sistem ini.

“Awal Agustus nanti kita mulai, Kalau pengguna jasa parkir tidak memiliki e-money nanti bisa minta jukir untuk membayarkan jasa parkir melalui deposit e-money yang telah disiapkan jukir, setelah itu tanda pembayarannya bisa diserahkan pengguna jasa parkir,” katanya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge