0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mulai Bulan Depan, Kantor Kecamatan Bebas Asap Rokok

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/red)

Solo — Penerapan kawasan bebas asap rokok di kantor-kantor kecamatan di Kota Solo segera diberlakukan bulan Agustur mendatang. Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo memanfaatkan momentum peringatan Hari Kemerdekaan atau HUT Kemerdekaan RI untuk meresmikan kebijakannya tersebut.

“Kita tunggu momen-momen yang pas. Tingkat kecamatan besok pas Agustusan. Nanti kelurahan tunggu momen apa lagi,” kata Walikota Hadi Rudyatmo, Rabu (26/7).

Rudy –sapaan Walikota Solo, dikenal sering memanfaatkan momen-momen istimewa untuk meluncurkan program atau kebijakannya. Hal itu, menurutnya, dapat menjadi pengingat bagi masyarakat maupun aparat pemerintah yang berkaitan dengan kebijakan baru.

Penetapan kawsan bebas asap rokok di Balaikota Solo bisa menjadi contoh yang jelas. Rudy menetapkan kebijakan tersebut pada saat mayoritas masyarakat termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Solo sedang menjalankan ibadah puasa. Momen tersebut diharapkan dapat memudahkan publik maupun PNS beradaptasi dengan kebijakan barunya.

“Waktu puasa nyatanya bisa menahan diri tidak merokok dari pagi sampai petang. Kan tinggal melanjutkan saja,” kata dia.

Terkait penetapan kawasan bebas asap rokok di kantor kecamatan, Rudy memberi sedikit kelonggaran. Tak seperti di Balaikota, di mana seluruh kompleksnya steril asap rokok, kawasan bebas asap rokok di kecamatan hanya mencakup di dalam ruangan. Perokok masih boleh menyalakan rokok di halaman kantor.

“Yang steril cukup di dalam ruangan saja. Nanti di dekat gerbang kita buatkan asbak yang besar seperti di pintu masuk mal,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge