0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Makan Daging Sambil Minum Minuman Manis Sebabkan Kegemukan

Steak. (Dok: Timlo.net/ bbc.co.uk)

Timlo.net—Gula adalah salah satu hal yang kerap ditemukan pada makanan dan minuman sekarang ini. Sebanyak 16 persen dari asupan energi total kita berasal dari gula. Sumber terbesar biasanya berasal dari minuman manis.

Banyak orang gemar menikmati makanan dengan minuman manis atau bersoda. Sayangnya sekalipun makanan yang kita nikmati itu sehat, tapi manfaat kesehatannya bisa hilang karena minuman manis dan bersoda.

Sebuah penelitian baru menyimpulkan jika minuman manis yang dikonsumsi bersama makanan kaya protein mempengaruhi metabolisme dan menumpuk lemak. Hal ini juga membatasi manfaat protein yang biasanya meningkatkan rasa kenyang dan metabolisme.

Penelitan yang dilakukan oleh BMC Nutrition ingin melihat apa yang terjadi pada tubuh saat kita mengkonsumsi minuman manis dan makan steak. Mereka meminta para relawan menghabiskan waktu 24 jam pada ruang metabolis pada dua kesempatan berbeda.

Berada dalam ruangan itu, para peneliti bisa mengukur bagaimana tubuh para relawan memanfaatkan nutrisi makanan. Mereka juga bisa menghitung berapa gram lemak, protein dan karbohidrat yang digunakan dan berapa kalori yang dibakar.

Mereka menganalisa bagaimana para relawan menggunakan nutrisi dengan menghitung konsumsi oksigen, produksi karbon dioksida, ekresi nitrogen dalam air kencing. Semua relawan makan jenis makanan yang sama selama 24 jam. Makanan itu terdiri dari 15 persen protein selama sehari dan 30 persen protein pada hari yang lain. Setiap makanan ditemani dengan minuman dengan gula atau pemanis buatan.

Hasil penelitian menunjukkan jika minuman manis membuat pengolahan lemak menurun. Sementara makan makanan tinggi protein dan minuman manis membuat pengolahan lemak turun 40 persen.

Mereka juga melihat jika kalori dari minuman mencapai 120 kalori. Tapi hanya 80 kalori yang diproses. Sisa kalori dari minuman itu menumpuk pada tubuh. Kesimpulan penelitian ini adalah tubuh cenderung menyimpan lemak dari minuman manis daripada membakarnya. Oleh karena itu, jika Anda hendak menurunkan berat badan kurangi konsumsi minuman manis atau minuman bersoda. Selain berhati-hatilah untuk tidak minum minuman manis saat memakan steak atau daging lainnya.

Sumber: indy100.com

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge